Selasa, 03 Oktober 2017

Masih menjadi Bagian dari PERGAM

       Agenda rutin KPB Bionic UNY salah satunya, PERGAM. Perekrutan Anggota Muda. Kegiatan ini mewadahi mahasiswa maupun civitas akademika UNY yang berminat untuk bergabung menjadi Keluarga Bionic. PERGAM menjadi pintu gerbang utamanya. Tahun ini pun juga diadakan. Tempatnya di Tahura Bunder. seperti dua tahun belakangan ini. 
 
Keluarga (baru) Bionic angkt. Halcyon cyanoventris
       Acara ini berlangsung dua hari satu malam dengan diikuti oleh 43 peserta. Antusias yg luar biasa dibandingkan dua tahun belakangan. Harapannya semua peserta bisa menetas menjadi anggota seluruhnya, baik saat peserta sedikit ataupun banyak. Bukan yang peserta banyak namun menghilang ditengah jalan. Tak hanya peserta yang antusias, ternyata beberapa sesepuh pun meluangkan waktu untuk hadir di acara ini. Singgah sebentar ataupun lama, duduk melingkar, dan mulai bercerita mengenai rekam jejak perjalanan Bionic selama ini.

       Banyak pelajaran yang selalu didapat saat mengikuti kegiatan-kegiatan Bionic. Salah satunya, saat ini, pembicara dadakan oleh sesepuh Bionic, mas Juqi, sebelum penentuan ketua angkatan dan nama angkatan. Disampaikan beberapa revisi dari sketsa yang telah dikumpulkan peserta. Penjelasan mengenai beda ilustrasi dengan sketsa. Sketsa burung saat pengamatan digunakan untuk mendokumentasi. Terkadang burung yang familiar, umum, mudah dikenali, dan banyak dijumpai, sketsa burung itu tidak terlalu penting bagi pengamat burung. Nah, mungkin ini yang membuat saya selalu mensketsa burung asal-asalan dan terlanjur menggambar brontosaurus. Memalukan sekali. 
       Cara identifikasi burung pun juga disampaikan. Cara menentukan jenis burung yang diamati harusnya diawali dengan penentuan family, kemudian dengan ciri burung yang lain digunakan untuk menentukan spesies burung tersebut. Setiap family memiliki ciri yang membedakannya dengan family yang lain. 
        Terakhir, disampaikan, kalau memang tertarik tentang burung mari bergabung dengan Bionic dan belajar lebih dalam bersama. Namun, bila burung kurang mengena di hati, silahkan mencari apa yang menjadi minatmu. Ini lah yang selalu saya suka, di Bionic tidak dipaksakan untuk harus bergabung. tapi menyerahkan semuanya kepada peserta, lanjut atau berpaling.

Pengamatan burung itu layaknya menyusun puzzle. Mungkin hari ini hanya melihat warna kepala, besok bentuk paruh, lusa warna punggung, besoknya lusa warna lingkar mata, dan seterusnya hingga benar-benar komplit puzzle yang kita susun. 
 
Mari mulai menyusun puzzle (lagi)! 
 
 
Tak pernah ketinggalan spot foto hitz


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates